Wahai Perajin Batik Jambi, Simak Ini Pesan Plt Ketua Dekranasda

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Rahima Fachrori mengatakan perajin batik Jambi harus mampu berinovasi untuk menghasilkan motif baru.

Wahai Perajin Batik Jambi, Simak Ini Pesan Plt Ketua Dekranasda

BRITO.ID, JAMBI - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Rahima Fachrori mengatakan perajin batik Jambi harus mampu berinovasi untuk menghasilkan motif baru.

"Pelatihan kepada para perajin batik Jambi untuk menambah wawasan serta mendorong untuk berinovasi dan berkreasi agar menghasilkan motif baru batik Jambi," katanya usai membuka pelatihan desain dan pewarnaan batik Jambi di Auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Selasa.

  ARTIKEL TERKAIT
WOW..Asus ROG Phone Bakal Meluncur di Indonesia
Yuuk Intip Mewahnya Plus Keren Lexus UX 200 dan 250h

Menurut dia upaya meningkatkan kualitas dan motif batik Jambi sangat penting. Sebab mengangkat keberadaan dan melestarikan budaya Jambi serta meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat yang pada akhirnya membuka lapangan kerja baru.

Pelatihan yang dilaksanakan 7-10 Agustus 2018 itu diikuti 50 peserta dari kabupaten/kota se- Provinsi Jambi dengan menghadirkan narasumber berkompeten.

Melalui pelatihan itu diharapkan ada inovasi dan akan memunculkan motif-motif baru. "Untuk pewarnaan kita akan kerjasama dengan universitas dalam mengembangkan pewarna dengan memanfaatkan bahan bahan lokal dan juga diproduksi lokal, sehingga harga pewarna alami akan lebih murah dan para pengrajin dapat menjual dengan harga yang semakin bersaing," katanya. (*)

 

Kumpulan "Berita Jambi" Terkini