Gedung Pasar Bawah yang Terlantar Bakal Dijadikan Mall Pelayanan

Gedung Pasar Bawah yang Terlantar Bakal Dijadikan Mall Pelayanan

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN -  Pada 2019 ini gedung Pasar Bawah yang berada di Kawasan Ancol Sarolangun terbengkalai akan segera dilakukan rehabilitasi. Ini dilakukan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM.

 

Kabid Perdagangan, Dinas perindag Kop UMKM Sarolangun, Amin Faisal, mengatakan bahwa untuk rehab pasar bawah tersebut pihaknya tahun ini mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat sebesar Rp1,5 Miliar.

 

“Proses rehab pasar masih dalam perencanaan,setelah itu baru dilakukan proses lelang. Tahun ini anggaran rehab pasar bawah itu ada Rp1,5 miliar dari dana DAK," katanya

 

Katanya, untuk tahap awal rehab ini pihaknya memfokuskan di bagian utama sebagai prioritas utama. Sebab, akan dikhawatirkan Gedung Pasar pada bagian bawah akan semakin hancur.

 

"Melihat kondisi sekarang yang jadi prioritas utama itu atap, karena sangat rapuh. Selebihnya itu untuk fasilitas lainnya yang menjadi objek vital akan kita benahi," kata Faisol (25/04/2019)

 

Dia juga menjelaskan rencana gedung Pasar Bawah tersebut selain difungsikan sebagai jajanan kuliner bagi masyarakat, tapi juga akan dibuat berupa mall pelayanan bagi masyarakat. Seperti pelayanan perizinan, pembuatan SIM, KTP atau dokumen kependudukan, dimana disana akan dibuat loket tersendiri.

 

"Rencana sesuai wacana pak bupati akan dijadikan mall pelayanan, tapi ini kan butuh dana yang besar dan perencanaan yang bagus, jadi kita secara bertahap perehaban Pasar Bawah. Mall pelayanan ini seluruh pelayanan kepada masyarakat. Kalau sudah ada pelayanan disana, masyarakat berkunjung disana, kegiatan jajanan kuliner juga akan tumbuh disana," katanya. (red)

Reporter : Arfandi