Kendalikan Bisnis Narkoba dari Lapas Klass IIA Jambi, Napi Ini Kembali Divonis 8 Tahun

Kendalikan Bisnis Narkoba dari Lapas Klass IIA Jambi, Napi Ini Kembali Divonis 8 Tahun

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Sindikat peredaran narkotika dalam lapas Klas IIA Jambi terbongkar, setelah 3 pelaku berhasil diamankan aparat kepolisian. Satu diantaranya merupakan warga binaan di dalam lapas, berinisial SS.

Untuk kembali mempertanggungjawabkan perbuatannya, S divonis 8 tahun penjara dan denda Rp1,5 Miliar oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jambi yang dipimpin hakim Yandri Roni. Sementara 2 rekannya, yakni A dan E yang memesan narkoba dari luar lapas, dihukum lebih ringan yakni masing-masing 6 tahun penjara, denda Rp1 Miliar. 

"Menyatakan terdakwa Sony Saputra bin Harun terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah, melakukan tindak pidana pemufakatan jahat, melakukan perbuatan tanpa hak atau melawan hukum menjadi perantara dalam jual beli narkotika golongan I, dalam bentuk bukan tanaman, yang beratnya melebihi 5 gram," kata Hakim Yandri Roni, Kamis (29/3).

Kasus ini terbongkar setelah 2 pelaku yang memesan narkotika di luar lapas ditangkap aparat kepolisian saat sedang berpesta narkoba, di salah satu tempat karaoke. Pemesanan narkotika kepada Sony yang merupakan narapidana, melalui telepon genggam yang bebas dimiliki di dalam lapas. 

Bahkan, saat melakukan transaksi pembelian narkoba tersebut, diakukan dengan video call terlebih dahulu melalui aplikasi WhatsApp. Menurut jaksa Albar yang menangani perkara tersebut menyatakan, kedua terdakwa yang berada di luar lapas memesan narkotika jenis pil ekstasi sebanyak 400 butir, yang dijemput di salah satu loket travel. 

"Untuk pembayarannya dengan cara ditransfer melalui rekening terdakwa, yang dikirim dari WA dari dalam lapas," katanya. (red)

Kontributor: Hendro